Jumat, 02 Juni 2017

Pengertian Geometri dan Unsur-unsur Geometri


Pengertian Geometri dan Unsur-unsur Geometri

Pengertian Geometri
Geometri adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang hubungan antara titik-titik, garis-garis, bidang-bidang serta bangun datar dan bangun ruang(solid).
Geometri sebagai salah satu system matematika, di dalamnya memiliki banyak konsep pangkal, mulai dari unsure primitive atau unsure tak terdefinisi, antara lain: titik, garis kurva ataupun bidang.jugaterdapat relasi-relasi pangkal yang tidak terdefinisisikan, misalnya: melalui, terletak, pada, memotong, dan antara. Dari unsure-unsur yang tidak terdefinisikan ini kemudian membangun unsure-unsur yang didefinisikan, selanjutnya ke aksioma atau postulat dan akhirnya pada teorema atau dalil.

Ada 3 unsur yang tidak didefinisikan atau unsure primitive dalam geometri yaitu:
1.     Titik
Titik adalah suatu tempat (posisi) dalam ruang (space).
Titik mempunyai panjang dan tidak mempunyai tebal.
Sebuah titik ditunjukkan dengan noktah (dot) yang diberi label dengan huruf besar. Seperti :

2.     Garis
Garis adalah himpunan titik-titik yang mempunyai panjang tetapi tidak mempunyai lebar.
Garis ditunjukkan dengan ujung panah pada ujung-ujung gambarnya untuk menyatakan bahwa garis dapat diperpanjang tanpa akhir (batas) ke dua arah.

3.     Bidang
Bidang dalah suatu permukaan dimana suatu garis yang menghubungkjan dua titik pada permukaan tersebut secara keseluruhan akan terletak pada permukaan tersebut.
Bidang dapat di perluas tanpa batas, tetapi tidak mempunyai tebal.


Pengertian definisi, postulat(aksioma), dan teorema:

1.     Definisi
Definisi adalah pernyataan yang mendeskripsikan bangun-bangun dan sifat-sifat tertentu.
2.     Aksioma
Aksioma adalah pernyataan yang diasumsikan benar tanpa bukti.
3.     Teorema
Teorema adalah pernyataan yang kebenarannya dibuktikan berdasar definisi, postulat atau teorema yang telah dibuktikan terlebih dahulu.

          Gambaran hubungan antara unsure-unsur yang tidak terdefinisikan, unsur-unsur yangdidefinisikan, aksioma/postulay, dan teorema/ dalil, dapat dilihat pada gambar berikut:




          Perhatikan Tabel berikut:


Tabel tersebut memperlihatkan kepada anda mengenai konsep-konsep dalam geometri beserta ilustrasinya, juga keterkaitan antara unsure tak terdefinisi, relasi tak terdefinisi dan aksoma-aksioma yang ada dalam geometri.  

5 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. terimakasih, cukup jelas penjabarannya

    BalasHapus
  3. terimakasih, semoga lulus cpns taun ini. amiin

    BalasHapus
  4. If you're looking to lose fat then you certainly have to jump on this totally brand new custom keto diet.

    To design this keto diet service, certified nutritionists, fitness couches, and top chefs joined together to develop keto meal plans that are powerful, decent, economically-efficient, and enjoyable.

    Since their first launch in early 2019, 1000's of individuals have already remodeled their body and well-being with the benefits a smart keto diet can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto diet.

    BalasHapus